KKG Gugus Ki Hajar Dewantara

Sabtu, tanggal 29 September 2012 bertempat di SD Inti Gugus Ki Hajar Dewantara (SD Negeri Jatilaba 01) dilangsungkan kegiatan KKG dengan susunan acara sebagai berikut :

  1. Pembukaan
  2. Sambutan Ketua Gugus Ki Hajar Dewantara
  3. Laporan Keuangan Gugus Ki Hajar Dewantara
  4. Acara Inti / Pengisian Materi KKG
  5. Penutup

Acara dimulai pukul 10.00 WIB dan dihadiri lebih dari 90% Kepala Sekolah dan guru se-Gugus Ki Hajar Dewantara.

Dalam sambutannya Ketua Gugus Ki Hajar Dewantara (Moh. Taufan, S.Pd) menyampaikan beberapa hal diantaranya :

  • Perlunya guru mempersiapkan kegiatan/materi UTS yang pelaksanaannya pada pertengahan bulan Oktober 2012.
  • Berkenaan dengan pelaksanaan perkemahan yang waktunya bersamaan dengan kegiatan tengah semester, diharapkan guru bisa membagi waktu dan mempersiapkannya dengan baik. Pengawasan peserta kemah hendaknya menjadi perhatian penuh bagi semua pendidik terlebih bagi pembina pendamping.
  • Rencana UPTD Dikpora mendirikan Musolla yang rencana pendirian lokasinya berada didalam area kantor UPTD Dikpora Kec. Margasari perlu mendapat dukungan dari semua unsur pendidik dan kependidikan di wilayah kec. Margasari

Pada kegiatan KKG juga disampaikan Laporan Keuangan Gugus Ki Hajar Dewantara oleh Bendahara KKG (Parwiti, S.Pd)

Pengisian materi KKG disampaikan oleh Bp. Joko Heri, S.Pd (Kepala SDN Jatilaba 04) dengan materi pembelajaran PAKEM.

PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan) adalah sebuah model pembelajaran yang memungkinkan peserta didik mengerjakan kegiatan yang berbagamuntuk mengembangkan ketrampilandan pemahaman dengan penekanankepada belajar sambil bekerja, sementara guru menggunakan berbagai sumber dan alat bantu belajar termasuk pemanfaatan lingkungan supaya pembelajaran lebih menarik, menyenangkan dan efektif.

PAKEM diterapkan dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa pembelajaran model konvensional dinilai menjemukan, kurang menarik bagi para peserta didik sehingga berakibat kurang optimalnya penguasaan
materi bagi peserta didik.

Ciri-ciri/karakteristik PAKEM adalah:
a. Pembelajarannya mengaktifkan peserta didik
b. Mendorong kreativitas peserta didik &guru
c. Pembelajarannya efektif
d. Pembelajarannya menyenangkan utamanya bagi peserta didik

Secara garis besar dalam PAKEM menggambarkan kondisi-kondisi sebagai berikut:
a. Peserta didik terlibat dalam berbagai kegiatan (aktifitas) yang mengembangkan
keterampilan, kemampuan dan pemahamannya dengan menekankan pada belajar
dengan berbuat (learning by doing).
b. Guru menggunakan berbagai stimulus/motivasi dan alat peraga, termasuk lingkungan
sebagai sumber belajar agar pengajaran lebih menarik, menyenangkan dan relevan
bagi peserta didik.
c. Guru mengatur kelas untuk memajang buku-buku dan materi-materi yang menarik,
hasil karya siswa, dan membuat “pojok baca”.
d. Guru menggunakan cara belajar yang lebih kooperatif dan interaktif, termasuk belajar
kelompok.
e. Guru mendorong peserta didik untuk menemukan caranya sendiri dalam
menyelesaikan masalah, mengungkapkan gagasannya, dan melibatkan peserta didik
dalam menciptakan lingkungan belajar pada sekolahnya sendiri.

Unduh Power Point MetodePaikem

Pos ini dipublikasikan di Info Pendidikan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s